UMS Gandeng SLB YRTRW Ciptakan Media Pembelajaran Sholat untuk Tunarungu

Solo – Universitas Muhammadiyah Surakarta menggandeng Sekolah Luar Biasa Yayasan Rehabilitasi Tuna Rungu Wicara, SLB YRTRW kota Surakarta menciptakan media pembelajaran solat untuk tunarungu. Media pembelajaran berupa game edukatif yang bernama Abas atau Ayo Belajar Solat ini menyediakan berbagai fitur yang akan membantu para pendidik dalam mengenalkan dan mengajarkan solat kepada siswa penyandang tunarungu.

Presentasi Abas dilaksanakan di SLB YRTRW yang berada di jalan Gumunggung RT 01 RW  02, kelurahan Glingan, kecamatan Banjarsari, kota Surakarta. Pada saat yang bersamaan dipresentasikan pula website sekolah yang beralamat di www.slbyrtrw.sch.id

Presentasi dilakukan oleh dosen dari Fakultas Komunikasi dan Informatika UMS  Fatah Yasin Al Irsyadi untuk aplikasi ayo belajar solat  atau Abas, serta Yogiek Indra Kurniawan, untuk presentasi website.

Bentuk kerja sama antara UMS dengan SLB YRTRW tidak hanya dalam penciptaan media pembelajaran solat untuk tunarungu dan website. Namun juga dalam pembuatan media pembelajaran berupa game edukasi mari belajar huruf hijaiyah. Game ini diciptakan oleh Liya Dewi Susanti, mahasiswi program studi Informatika . Dalam aplikasi ini terdapat permainan yang membantu anak – anak untuk mengingat dan menghafal huruf hijaiyah.

Tidak kalah menarik, Dimas Nurfadli Primuja Wardana salah seorang mahasiswa Teknik Informatika Fakultas Komunikasi dan Informatika juga berhasil membuat game edukasi pengenalan lingkungan tempat hidup makhluk hidup. Ia berharap, game edukasi ciptaannya dapat membantu siswa belajar dengan cara yang tidak membosankan.

Mewakili pihak sekolah, Rini Ekawati selaku guru Pendidikan Agama Islam di SLB YRTRW kota Surakarta menyampaikan apresiasinya atas game edukasi yang diciptakan mahasiswa UMS, sebab sangat membantu proses pembelajaran di sekolah.

Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>