Trauma Akibat Gempa, Puskesmas Dipindahkan ke Tenda Darurat

Lombok Tengah – Ahad (26/08) kemarin kru MTATV yang bertugas di Lombok sempat meliput aktivitas pelayanan kesehatan yang berlangsung di sebuah tenda darurat di wilayah Mantang, Batukliang, Lombok Tengah. Pelayanan kesehatan di tenda ini merupakan pindahan dari Puskesmas setempat sejak terjadinya gempa bumi 29 juli 2018 lalu.

Dipindahkannya layanan kesehatan dari Puskesmas ke tenda darurat dikarenakan para pasien mengalami trauma mendalam akibat gempa yang memporakporandakan ribuan bangunan di pulau tersebut. Selain itu, pemindahan lokasi layananan kesehatan juga sebagai antisipasi akan terjadinya gempa susulan.

Selama berada di tenda darurat, petugas pun banyak menangani ibu yang melahirkan selama masa gempa susulan. Tidak kurang dari 400 pasien dilayani di tenda darurat ini selama gempa. Guna meringankan beban para pasien, maka layanan terhadap pasien terdampak gempa juga digratiskan.

Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>