Tingkatkan Taraf Perekonomian Warga Lewat Industri Gitar

Sukoharjo – Seorang pemuda asal desa Telukan, Grogol, kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Wahid Wahyu Saputro berhasil meraup omset jutaan rupiah setiap bulannya lewat industri kerajinan gitar yang ia geluti selama ini. Menariknya, dalam proses produksinya Wahid memberdayakan masyarakat sekitar, sehingga ia berhasil mengangkat taraf perekonomian mereka.

Gitar gitar indah yang diproduksi cukup beragam, mulai dari gitar akustik, elektrik, semi elektrik, dan gitar junior untuk anak-anak. Secara umum, bahan dasar yang digunakan sama seperti gitar pada umumnya, yakni triplek Cyprus, kayu pinus, serta kayu mahoni atau maple.

Ada beberapa tahapan dalam memproduksi gitar. Sebagai langkah awal, bahan dipilih untuk kemudian dipotong dan dibentuk sesuai pola yang diinginkan. Bagian bagian gitar direkatkan menjadi satu dengan menggunakan paku dan lem. Gitar diamplas sampai halus, kemudian diwarnai dan dijemur hingga mongering. Sebagai tahap finishing, gitar dilengkapi dengan spare part tambahan seperti senar dan bridge, untuk kemudian di tes audionya menggunakan tunner khusus.

Lewat industri gitar ini bukan hanya profit yang menjadi tujua, Wahid juga berharap dapat membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat luas, baik di bidang perekonomian, maupun dalam hal ilmu dan kreativitas.

Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>