Prof. Dr. HM Roem Rowi Hadiri Kajian MTA

IMG-20160522-WA0002 SURAKARTA – Guru Besar Universitas Islam Negeri atau UIN Sunan Ampel Surabaya, Prof. Dr. HM Roem Rowi MA, menghadiri pengajian di Gedung Pusat MTA Ahad 22 Mei 2016. Kedatangan Profesor Roem Rowi juga dibersamai lebih dari 600 warga Jawa Timur yang telah tiba di Gedung MTA sehari sebelumnya.

Saat berbicara di depan ribuan peserta pengajian, Profesor Roem mengaku di antara banyak majlis yang pernah didatanginya tidak ada yang seistimewa majlis tafsir alquran. Sebab hanya mta yang mempelajari tafsir alquran.

Lebih lanjut Prof Roem memaparkan mengenai keistimewaan Alquran sebagai satu-satunya kitab yang menjadi petunjuk bagi seluruh umat manusia dan tidak ada sedikitpun keraguan di dalamnya.

Sementara mengenai sistematisasi Alquran, Prof. Roem menegaskan mengenai surat Al Baqarah, surat paling panjang dalam Al Quran karena mencapai hampir 2,5 juz. Dalam Al Baqarah tersebut 80 persen kandungan Alquran ada di dalamnya.

Untuk mempelajari juz pertama Alquran menurutnya membutuhkan waktu lebih lama hingga mencapai 40 jam. Sedangkan untuk mempelajari Alquran di juz berikutnya membutuhkan waktu lebih singkat karena sebagian kosakata sudah terkandung dalam juz pertama. Meski begitu Allah berjanji memberikan kemudahan kepada manusia yang ingin mempelajari Alquran.

Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>