Pembangkit Listrik Tenaga Matahari, Solusi Inovatif Menipisnya Sumber Energi

Menipisnya cadangan energi di alam ini merupakan suatu konsekuensi logis yang harus kita terima. Masyarakat modern yang cenderung konsumtif, serta tidak memiliki kesadaran dalam menghemat sumber energi, bisa menjadi masalah besar di kemudian hari. Namun kini terdapat solusi inovatif guna mengatasi menipisnya sumber energi. Seperti halnya yang dilakukan Sekolah Menengah Al Firdaus, Pabelan, Kartosuro, Sukoharjo.

Guna mengatasi tarif dasar listrik yang semakin meningkat, serta menipisnya sumber daya alam, Sekolah Menengah Al Firdaus melaunching penggunaan Pembangkit Listrik Tenaga Matahari (Solar Cell). Pemasangan panel surya ini menggunakan sistem On Grid dan Off Grid. Pada sistem On Grid, tidak diperlukan adanya penggunaan baterai atau aki. Sehingga arus listrik yang dihasilkan tidak dapat disimpan untuk pemakaian pada malam hari maupun saat cuaca mendung.

Sedangkan sistem Off Grid menggunakan baterai atau aki, sehingga arus listrik yang dihasilkan dapat disimpan dan digunakan saat tidak ada sinar matahari. Kepala Lab Edu Preneurship Laboratorium Sekolah Menengah Al Firdaus, Farida Esti Widayati, S.Pd menyampaikan, penggunaan panel surya ini baru memenuhi dua puluh persen kebutuhan dasar listrik di sekolah.

Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>