Pantai Trisik dan Suwuk Porak Poranda Disapu Gelombang Tinggi

Kulonprogo, DIY dan Kebumen – Perbedaan tekanan udara yang signifikan antara belahan bumi utara dan selatan, berdampak pada peningkatan kecepatan angin dan tingginya gelombang di sepanjang pesisir laut selatan. Beberapa yang terkena dampaknya ialah pantai Trisik Kulonprogo dan pantai Suwuk Kebumen yang porak poranda akibat diterjang tingginya ombak.

Pantai Trisik Kulonprogo porak poranda akibat disapu gelombang pasang yang terjadi sejak Rabu (25/07) pagi. Gelombang dengan ketinggian 7 hingga 10 meter, telah meluluh lantahkan sebagian bangunan dan fasilitas umum milik warga.

Berdasarkan update perkembangan dinamika atmosfer oleh BMKG pada tanggal 23 Juli 2018 lalu, terpantau beberapa pusat tekanan rendah di belahan bumi bagian utara, utamanya laut China Selatan sebelah timur Vietnam, dan tekanan tinggi di bumi bagian selatan, utamanya perairan sebelah timur SIdney Australia.

Perbedaan tekanan udara yang signifikan antara belahan bumi utara dan selatan, berdampak pada peningkatan kecepatan angin hingga mencapai lebih dari 35 kilo meter per jam, serta peningkatan tinggi gelombang laut di pesisir selatan Yogyakarta.

Tidak hanya di Kulonprogo, gelombang pasang juga terjadi di wilayah kabupaten Kebumen. Pantai Suwuk yang belum lama ini dibersihkan, kini menjadi porak poranda paska disapu gelombang tinggi.

Imbas dari gelombong tinggi ini telah merusak sejumlah fasilitas umum, serta warung milik warga yang ada di sepanjang bibir pantai. Ratusan perahu nelayan pun kini dievakuasi ketempat yang lebih aman, guna menghindari datangnya gelombang pasang yang dapat merusaknya.

Diperkirakan, gelombang tinggi akan berlangsung hingga tanggal 29 Juli mendatang. Masyarakat dihimbau untuk tetap berhati hati dan waspada, serta melihat perkembangan pantauan baik secara langsung, maupun pantauan dari BMKG.

Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>