Mengenal Penangkaran Penyu di Pantai Taman, Pacitan

Pacitan – Inilah pusat penangkaran penyu yang berada di kawasan wisata Pantai Taman. Lokasi yang berdiri sejak tahun 2012 ini, tepatnya berada di dusun Taman, desa Hadiwarno, kecamatan Ngadirojo, kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Lahan konservasi penangkaran penyu ini dikelola oleh Suyanto, warga desa setempat yang dengan sukarela menjaga kelestarian hewan yang dilindungi Undang-Undang ini. Meski tempat konservasi penyu ini berada di bawah naungan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pacitan, Suyanto bekerja secara sosial alias tanpa bayaran.

Lahan konservasi yang dikelolanya seluas 1 hektar dengan lokasi penempatan penyu seluas 400 meter persegi. Terdapat dua jenis penyu yang dikonservasi di tempat ini, yaitu penyu lekang dan penyu belimbing.

Yanto menjelaskan penyu mulai mendarat ke pantai untuk bertelur pada malam hari. Periode pendaratan penyu terjadi pada bulan Maret sampai dengan bulan September dengan pendaratan terbanyak terjadi di bulan Mei dan Juni. Proses penetasan memerlukan waktu 60 sampai dengan 90 hari dengan  presentase keberhasilan penetasan adalah 85 persen.

Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>