Lestarikan Lingkungan, Masyarakat Kaliuntu Tanam Ribuan Bibit Mangrove

REMBANG – Berbagai upaya dilakukan oleh masyarakat demi mewujudkan kelestarian lingkungan. Seperti halnya yang dilakukan oleh masyarakat dukuh Kaliuntu, desa Pasar Banggi, yang melaksanakan kegiatan penanaman pohon mangrove bersama kelompok mangrove.

Difasilitasi oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan provinsi Jawa Tengah, dilakukan penanaman mangrove jenis Avecinea atau api-api. Bantuan bibit berasal dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan jumlah mencapai 35.000 bibit. Dalam sehari, ada 5.000 batang pohon yang ditanam. Hingga pada hari Sabtu 28 April 2018 telah ditanam sejumlah 15.000 batang pohon mangrove.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan hutan mangrove disekitar wisata mangrove jembatan merah (JM). Selain baik dari segi fisik dan ekologi, penanaman mangrove juga bermanfaat bagi perekonomian masyarakat.

Kegiatan penanaman didampingi langsung oleh penyuluh Kehutanan kabupaten Rembang, Sumanto, S.P. Dalam kesempatan ini, Sumanto mengajarkan teknik penanaman mangrove yang baik dan benar. Selain itu, ia juga mengajak masyarakat agar senang menanam dan merawat tanaman mangrove karena dapat bermanfaat bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya.

Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>