Kreatif, Warga Olah Limbah Platik Jadi BBM

Sukoharjo – Siapa sangka limbah plastik yang selama ini menjadi masalah bagi kebanyakan orang dapat diolah menjadi sesuatu yang lebih berguna dan bermanfaat. Salah satunya yang dilakukan oleh Purwanto warga dukuh Kebak, desa Wirun, kecamatan Mojolaban, kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah tumpukan limbah plastik dapat diolah menjadi bahan bakar minyak atau BBM.

Berawal dari rasa keprihatinan akan banyaknya tumpukan sampah plastic, Purwanto mencoba membuat alat suling dari besi yang ia beri nama tabung destilasi. Mulai produksi sejak Maret 2018 lalu, kini Purwanto sudah mampu mengolah limbah menjadi 3 jenis BBM berupa premium, solar, dan minyak tanah.

Dalam proses pembuatannya Purwanto mengumpulkan limbah plastik dari rumah warga sekitar. Plastik yang sudah terkumpul ia jemur untuk kemudian disortir. Plastik dengan kualitas bagus ia masukkan ke tabung destilasi, kemudian disuling selama kurang lebih 4 jam.

Alat suling sederhana ini terdiri menjadi 3 bagian pokok yakni tabung reaktor untuk menampung limbah plastic, kotak penampung uap, serta pipa pendingin. Limbah plastik yang dipanaskan dalam tabung reaktor akan menguap melewati kotak uap kemudian mengalir menuju pipa pendingin. Setelah tiba di pipa pendingin, uap akan berubah menjadi zat cair dan menetes lewat pipa khusus yang telah disediakan.

Dalam sekali penyulingan alat ini mampu menghasilkan 3 hingga 5 liter BBM. Saat ini BBM limbah plastik dimanfaatkan untuk campuran bahan bakar kendaraan bermotor dan sebagian lagi dijual ke warga – warga sekitar dengan harga 1 botol bbm berukuran 1,5 liter dijual 7000 rupiah saja. Selain dapat menghasilkan pundi – pundi rupiah, Purwanto berharap inovasi ini dapat menjadi solusi efektif untuk mengurangi tumpukan limbah plastik di lingkungannya.

Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>