Kreasi Camilan Coklat dari Buah Salak

Selain bisa dikonsumsi secara langsung, buah salak bisa dikreasikan menjadi camilan yang enak dan nikmat. Rasanya akan lebih unik saat diolah menjadi bahan dasar coklat. Bagaimana proses pembuatannya? Simak artikel yang kami rangkum dari wartawan mtatv berikut ini ya.

Buah salak, buah dengan ciri kulit bersisik ini, selain rasanya manis ternyata buah ini bisa juga diolah menjadi coklat. Ide kratif ini muncul dari tangan para siswa SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Solo, Jawa Tengah. Melalui program ekstra kurikuler sekolah para siswa berhasil mengolah salak menjadi cemilan coklat istimewa.
Proses pembuatannya pun cukup mudah. Salak dikupas lalu diparut dan ditumbuk hingga halus. Setelah menjadi adonan, kemudian diberi garam dan gula secukupnya. Langkah selanjutnya, adonan disangrai untuk menghilangkan kandungan air di dalamnya.

Setelah dirasa cukup, masukkan adonan ke dalam cetakan untuk kemudian disisihkan. Sebagai tambahan, lumerkan coklat batangan dan campur dengan adonan salak hingga merata. Dan terakhir masukkan kedalam freezer, agar coklat lebih terasa nikmat.

Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat demberi edukasi kepada para siswa dalam mengembangkan kreativitas dan ketrampilan dalam hal mengolah buah.

Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>