Kemenkominfo Canangkan Gerakan Media Bermartabat untuk Pemilu Berkualitas

Surakarta – Bertempat di gedung Monumen Pers Nasional kota Surakarta, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kemen-Kominfo bersama Kaukus Media dan Pemilu menginisiasi pencanangan gerakan media bermartabat untuk pemilu berkualitas.

Acara berlangsung pada Senin (06/08) malam, diikuti para pimpinan redaksi dan wartawan wilayah Solo, Yogyakarta, dan Semarang, Pemerintah Daerah, Asosiasi Media, Bawaslu, KPU, Akademisi, mahasiswa, pemuda, serta masyarakat umum. Dalam acara ini, MTA Media Center mengirimkan 4 personilnya untuk mewakili MTATV, Persada FM, dan majalah Cahaya Hati.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, S.Stat., M.B.A mengingatkan kepada semua pihak akan pentingnya menjaga kesantunan dan kepantasan dalam bermedia, baik media massa maupun media social. Ia menuturkan, peran media sangat signifikan dalam menegakkan negara yang berdemokrasi karena demokrasi yang berkualitas harus didukung dengan pers yang berkualitas, professional, serta beretika.

Menkominfo menambahkan, harus dibuat satu mekanisme yang mengatur media online dan media social agar tidak dimanfaatkan untuk mengumbar informasi negatif yang selalu melakukan agitasi serta mencegah penyebaran berita hoax.

Di temui di lokasi acara, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, S.H., M.I.P. menyampaikan apresiasinya atas dicanangkannya gerakan deklarasi media bermartabat untuk pemilu berkualitas. Menurutnya, pemberitaan haruslah diarahkan dan didorong pada kesantunan, beretika serta menghindari penyebaran hoax sehingga pemilu ke depan dapat lebih berkualitas.

Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>