Membuat Kacamata dari Bekas Papan Skate

Di tangan orang yang kreatif, bahan bekas bisa disulap menjadi barang berguna yang bernilai ekonomi. Seperti halnya yang dilakukan Andika Praditya, seorang pengrajin muda asal Kota Solo, Jawa Tengah ini. Di tangan kreatifnya, limbah papan skate bisa diubah menjadi kacamata. Seperti apa kisah inspiratifnya? Mari kita simak artikel berikut ini.

Andika Praditiya, mulai menekuni usaha membuat frame kacamata dari bekas papan skate ini sejak tahun 2015 lalu. Kacamata berlabel loose wood ini, juga tergolong cukup unik, baik dari segi bentuk, corak, maupun pemilihan bahan dasarnya.

Di pasar Elfabes Kota Surakarta inilah, kaca mata papan skate tercipta. Kacamata papan skate dibuat sesuai permintaan pelanggan. Proses pengerjaannya pun tergolong cukup rumit dan membutuhkan tingkat ketelitian yang tinggi.

Sebagai langkah awal, dibentuklah desain pola kacamata. Desain pola ditempelkan pada papan skate untuk kemudian dipotong. Setelah pemotongan selesai, dilanjutkan dengan proses penghalusan, baik dengan mesin maupun secara manual. Setelah itu, dilanjutkan dengan proses pemasangan kaca dan gagang kaca mata.
Andika mengaku untuk sebuah papan skate bekas bisa dijadikan empat unit kacamata. Satu kaca mata papan skate dibandrol dengan harga 650 ribu rupiah. Andika menyampaikan, selama ini produk produknya dijual secara online dan tak jarang diikut sertakan dalam pameran.

Selain membuat kacamata, Andika juga membuat produk lain seperti jam tangan dari papan skate. Andika berharap, produknya bisa diterima oleh masyarakat, serta jangkauan pemasarannya semakin luas.

Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>