Jelang Idul Adha, Harga Hewan Qurban Merangkak Naik

Klaten – Dua pekan menjelang hari Iedul adha, penjualan hewan qurban sudah mulai menggeliat dibandingkan hari biasanya. Walaupun tahun ini harganya mengalami peningkatan seratus ribu hingga dua ratus ribu rupiah, tidak menyurutkan minat kaum muslimin dalam membeli hewan qurban. Stok kambing akan semakin menipis menjelang hari raya qurban, sehingga pembeli dalam memilih semakin terbatas, dan harga semakin tinggi hingga menjelang hari raya Iedul Adha.

Untuk memenuhi permintaan hewan qurban, pedagang biasa mendatangkan kambing dari peternak di wilayah sekitar. Mulai dari Prambanan, Jangkang dan Wedi, Klaten bahkan sampai  Muntilan, Jawa Tengah.

Berbagai  jenis kambing dijual di pasar ini. Seperti P.E atau Peranakan Etawa, kambing jawa dan kacangan atau capra hircus, serta bligon. Dengan harga yang variatif dari harga 1,3 juta sampai dengan mencapai 4,6 juta rupiah per ekor.

Yang paling diminati pembeli adalah jenis kambing bligon yaitu persilangan P.E dengan kacangan. Jenis ini lebih gagah dengan bulu lurus yang bersih dan memiliki tanduk yang menawan. Harganya pun lebih murah dibandingkan dengan P.E atau etawa. Rata-rata pembeli mencari kisaran harga menengah yaitu dari 2.3 juta sampai dengan 2.5 juta rupiah.

Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>