Fotografer Profesiaonal dan Jurnalis Asal London Jadi Narasumber Spesial MTATV

Fotografer profesional kelahiran London, Jak Muhsin Kilby menjadi narasumber program spesial MTATV dengan tema Kami Rindukan Masjid Al Aqsha pada hari Sabtu (27/01) siang. Pria berusia 70 tahun ini merupakan seorang fotografer sekaligus jurnalis yang bertugas meliput isu-isu dunia islam tak terkecuali yang ada di Palestina.

Saat pecahnya peristiwa Intifadhah di akhir tahun 1987 silam, Kilby berangkat ke Palestina dan tergabung dalam delegasi muslim Inggris untuk misi pencarian fakta. Saat berada di Palestina, Kilby bertugas memotret setiap sudut bagian Masjidil Aqsha, serta situasi dan kondisi yang ada di Palestina. Dalam paparannya, Kilby menuturkan kesaksiannya saat menyaksikan tentara Zionis Israel mengebor dan membuat trowongan di bawah Masjidil Aqsha yang tujuannya untuk melemahkan bangunan yang ada di atasnya.

muhsin jak kilby ke mtatv
Selain itu, Kilby juga menyaksikan pecahnya peristiwa Intifadhah kala itu. Para pemuda Palestina dengan gagah beraninya menghadapi peluru-peluru tentara Zionis Israel hanya dengan lemparan batu.

Kilby mengaku, ada sedikit perasaan was-was saat meliput peristiwa Intifadhah dan itu merupakan hal yang manusiawi. Namun dibalik semua itu, ia dapat melihat kegigihan muslim Palestina yang sabar, dan terus bertahan mendidik generasi penerus demi mewakili umat islam sedunia dalam merebut kembali Masjidil Aqsha dan kemerdekaan bangsa Palestina

Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>