BPBD Pemalang Gelar Pelatihan Psikososial Pascabencana

Pemalang – Bertempat di aula SLB Negeri 1 Pemalang, Jawa Tengah berlangsung kegiatan pelatihan psikososial pasca bencana. Kegiatan ini diselenggarakan oleh BPBD kabupaten Pemalang pada tanggal 19 dan 20 Februari 2019. Peserta pelatihan terdiri dari para relawan dari berbagai organisasi dan komunitas termasuk SAR MTA Pemalang dan utusan dari dinas-dinas terkait.

Hadir memberikan materi pelatihan ialah Kepala seksi rehabilitasi dan rekonstruksi I Ketut Artana, M.Si. bidang penanganan darurat BPBD provinsi Jawa Tengah Dinarjati Saputro, S.Psi. serta dari unit pelayanan inklusi disabilitas penanggulangan bencana Jawa Tengah Novie Dibyantari.

Rangkaian pelatihan diisi dengan materi kebencanaan, praktik permainan, simulasi trauma healing, diskusi, interaksi, dan perencanaan tindak lanjut. Sehingga diharapkan hasil dari pelatihan ini akan dapat langsung diterapkan dan bermanfaat bagi orang-orang yang membutuhkan.

Kepala BPBD kabupaten Pemalang Drs. Wismo, M.Si. mengatakan target yang ingin dicapai dari pelatihan perdana psikososial pascabencana ini adalah untuk mempersiapkan relawan melakukan terapi psikososial pasca terjadinya bencana.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>