SAR MTA Mengikuti Jambore Potensi SAR Solo Raya

KARANGANYAR – SAR Majlis Tafsir Alquran (MTA) mengikuti kegiatan Jambore Potensi SAR Solo Raya di Pos SAR Surakarta Jalan Tentara Pelajar, Bolon, Colomadu, Karanganyar pada Sabtu dan Ahad, 30-31 Januari 2016. Jambore yang diikuti 17 Potensi SAR di seluruh Solo Raya tersebut digelar dalam rangka Hari Jadi ke-44 Tahun Basarnas.

Koordinator lapangan SAR MTA sekaligus Ketua SAR MTA Perwakilan Sukoharjo, Sugianto, menjelaskan Jambore Potensi SAR meliputi tiga kegiatan yaitu Apel Kesiagaan, Workshop dan SAR Challenge. Dalam SAR Challenge setiap tim mengikuti beragam lomba mulai dari Hard Rescue, tali-temali, tandu rescue maupun water rescue.

Kepala Seksi Potensi Basarnas Jawa Tengah, Joko Sungkowo, menjelaskan dalam kegiatan water rescue keselamatan menjadi faktor utama yang dibutuhkan di samping kesigapan dan keterampilan.

Selain water rescue dalam SAR Challenge peserta juga mengikuti lomba lifting berupa pengangkatan korban yang jatuh ke jurang.
Anggota Basarnas Semarang , Hardiyaman Nur Rizal,  menuturkan dalam lomba ini setiap tim terdiri dari delapan peserta yang bekeja sama mengevakuasi korban cedera.
SAR MTA sudah berkerjasama dengan Basarnas Semarang dan melakukan latihan dengan SAR Semarang dan apa yang sudah dilatihkan ini diaplikasikan dengan baik-baik oleh teman teman pada saat lomba ini.

 

Tim Liputan MTA TV

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *